Minggu, 25 Maret 2012

pengangguran dan macamnya


PENGANGGURAN DAN MACAM-MACAM PENGANGGURAN

A.   Pengertian pengangguran
Pengertian pengangguran adalah ketimpangan antara lahan pekerjaan dengan kebutuhan orang untuk pekerjaan, artinya, kurang tersedianya lahan atau tempat pekerjaan, sedangkan orang yang hendak bekerja melebihi jumlah lahan pekerjaan. Pertambahan penduduk mengakibatkan perubahan di segala sector kehidupan. Dampak kemajuan bias dilihat dan dirasakan oleh sebagian masyarakat. Namun, ada pula yang merasakan dampak negative dan bertambahnya jumlah pengangguran.
B.    Jenis pengangguran berdasarkan faktor penyebabnya
pengangguran tidak berdiri sendiri, ada beberapa factor yang menyebabkan terjadinya pengangguran, antara lain sebagai berikut.
1.      Pengangguran struktural
Pengangguran structural adalah pengangguran akibat keadaan ekonomi. Perubahan struktur ekonomi akhirnya mengalami perubahaan dalam kebutuhan tenaga kerja. Struktur ekonomi agraris berubah menjadi system struktur industry, yang menuntut perubahan ketrampilan yang dapat menunjang industri.

2.      Pengangguran fiksional
Pengangguran normal yang bersifat temporer karena adanya pergeseran antara permintaan dan penawaran tenaga kerja. Yang termasuk ke dalam pengangguran fiksional adalah pengangguran yang ingin mencari pekerjaan yang lebih baik, pengangguran tidak bekerja pada waktu masuk proses kerja (membolos), dan pengangguran yang sedang menunggu panggilan kerja.

3.      Penganggur voluntary
Pengangguran yang sebenarnya mampu bekerja, namun memilih tidak bekerja karena mempunyai usaha. Misalnya membuka rental mobil, membuka kos-kosan dan lain-lain. Penganggur voluntary bias membuka lapangan pekerjaan untuk penganggur lainnya.


4.      Pengangguran deflasioner
Pengangguran ini terjadi karena laha pekerjaan kurang atau tidak tersedia atau lahan pekerjaan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pekerja. Ininlah yang memicu orang untuk melakukan urbanisasi (hijrah ke kota besar) karena daerah atau kotanya sudah tidak tersedia lagi lapangan pekerjaan, banyaknya tenaga kerja wanita (TKW), tenaga kerja Indonesia (TKI).

5.      Pengangguran teknologi
Pengangguran akibat dari kemajuan teknologi. Misalnya terjadi pada sector pertanian dan perindustrian. Akibat dari penggunaan mesin-mesin, sumber daya manusia yang awalnya dibutuhkan, diganti oleh tenaga mesin.


C.  Cara mengatasi pengangguran

Secara umum, mengatasi pengangguran dapat dilakukan dengan cara berikut.
·         Memperluas dan membuka lapangan pekerjaan.
·         Bagi individu yang mampu (wiraswasta), membuka usaha baik skala kecil maupun besar. Hal ini mampu memperkecil tingkat pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan baru,
·         Mengadakan bimbingan, penyuluhan dan ketrampilan tenaga kerja, menambah ketrampilan, dan meningkatkan pendidikan.


D.   Jenis Pengangguran Berdasarkan Cirinya
Pengangguran dapat juga dikelompokkan menurut ciri pengangguran yang berlaku. Menurut cara ini terdapat empat jenis pengangguran yaitu:
1.      Pengangguran Terbuka
Pengangguran terbuka adalah pengangguran yang terjadi karena pertambahan lowongan pekerjaan lebih rendah dari pertambahan tenaga kerja. Akibatnya dalam perekonomian semakin banyak jumlah tenaga kerja yang tidak dapat memperoleh pekerjaan. Efek dari keadaan ini dalam jangka panjang mereka tidak melakukan suatu pekerjaan. Mereka menganggur secara nyata dan sepenuh waktu. Pengangguran terbuka dapat pula dikarenakan kegiatan ekonomi yang menurun, kemajuan teknologi yang mengurangi penggunaan tenaga manusia, atau akibat kemunduran perkembangan suatu Industri.
2.      Pengangguran Tersembunyi
Pengangguran tersembunyi adalah pengangguran yang terjadi karena terlalu banyaknya tenaga kerja untuk satu unit pekerjaan, padahal dengan mengurangi tenaga kerja sampai jumlah tertentu tidak akan mengurangi jumlah produksi. Pengangguran ini terutama terjadi di sektor pertanian atau jasa. Setiap kegiatan ekonomi memerlukan tenaga kerja, dan jumlah tenaga kerja yang digunakan tergantung kepada banyak faktor. Faktor yang perlu dipertimbangkan adalah besar atau kecilnya perusahaan, jenis kegiatan perusahaan, mesin yang digunakan dan tingkat produksi yang dicapai. Di banyak negara berkembang seringkali didapati jumlah pekerja dalam suatu kegiatan ekonomi lebih banyak dari yang sebenarnya diperlukan agar ia dapat menjalankan kegiatannya dengan efisien. Kelebihan tenaga kerja yang digunakan digolongkan dalam pengangguran tersembunyi. Contohnya keluarga petani dengan anggota keluarga yang besar mengerjakan luas tanah yang sangat sempit. Contoh lain pengangguran tersembunyi adalah orang yang melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginannya atau tidak sepadan dengan kemampuannya.
3.      Pengangguran Musiman
Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi pada waktu-waktu tertentu di dalam satu tahun. Bentuk pengangguran terutama terjadi di sektor pertanian dan perikanan. Biasanya pengangguran seperti itu berlaku pada waktu-waktu di mana kegiatan bercocok tanam sedang menurun kesibukannya. Waktu di antara menuai dan masa menanam berikutnya dan periode di antara sesudah menanam bibit dan masa menuai hasilnya adalah masa yang kurang sibuk dalam kegiatan pertanian. Pada periode tersebut banyak di antara para petani dan tenaga kerja di sektor pertanian tidak melakukan suatu pekerjaan. Berarti mereka sedang dalam keadaan menganggur. Jenis pengangguran ini hanya sementara saja, dan berlaku dalam waktu-waktu tertentu.

4.       Pengangguran Setengah Menganggur
Kelebihan penduduk di sektor pertanian di negara-negara berkembang disertai pertambahan penduduknya yang cepat telah menimbulkan percepatan dalam proses urbanisasi. Salah satu tujuan dari urbanisasi tersebut adalah untuk mencari pekerjaan di kota-kota. Tidak semua orang yang hijrah ke kota-kota dapat memperoleh pekerjaan. Banyak di antara mereka yang terpaksa menganggur sepenuh waktu. Disamping itu ada pula yang tidak menganggur, tetapi tidak pula bekerja sepenuh waktu, dan jam kerja mereka lebih rendah dari jam kerja normal. Mereka mungkin hanya bekerja satu hingga dua hari seminggu, atau satu hingga empat jam sehari.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    BalasHapus